BIMTEK ASESMEN NASIONAL
Hari Keempat
Kegiatan Bimtek Asesmen
Nasional secara daring yang digelar oleh PGRI Smart Learning and Character
Center (PSLCC) Salatiga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Salatiga
memasuki pertemuan terakhir. Acara yang dilaksanakan pada hari Rabu 3 Maret
2021 melalui Zoom Meeting ini mengangkat topik Tindak Lanjut Hasil Asesmen
Nasional (AKM-Survey Karakter-Survey Lingkungan Belajar). Para peserta masih
sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang dipandu oleh Dr. Katarina
Herwanti, M. Pd. dan Eka Chandra Satria, M. Pd.
Pemateri pertama, Nining
Mariyaningsih, S. Pd., M. Pd., menyampaikan informasi tentang rancangan tindak
lanjut hasil Asesmen Nasional (AN). Setelah AN dilaksanakan, langkah
selanjutnya adalah diseminasi hasil ke dinas, pendampingan satuan pendidikan,
penguatan satuan pendidikan, serta monitoring dan evaluasi. Sekolah akan
menerima hasil AN untuk kemudian menganalisis, membuat dan melaksanakan
program, serta melakukan evaluasi program tersebut. Dengan demikian diharapkan
kualitas akan terjaga, bahkan meningkat.
Dalam paparannya, guru
SMK Negeri 1 Salatiga ini juga menyampaikan informasi terbaru tentang AKM kelas
yang programnya akan segera disosialisasikan oleh pemerintah. Ini adalah upaya
untuk mengenalkan AKM kepada seluruh guru dan siswa, baik dalam kegiatan
belajar mengajar, maupun dalam model soal. Diharapkan, siswa akan terbiasa
untuk memecahkan masalah yang tertuang dalam proses maupun evaluasi
pembelajaran.
Dalam sesi selanjutnya,
Yati Kurniawati, M. Pd., melanjutkan dengan rancangan tindak lanjut yang perlu
diperhatikan oleh satuan pendidikan. Seperti diketahui, pelaksanaan AN 2021
mundur dari jadwal sebelumnya. Menurut rencana terakhir, rapat koordinasi,
sosialisasi, dan pelaksanaan teknis persiapan AN dijadwalkan pada Maret hingga
April 2021. Simulasi di satuan pendidikan direncanakan pada bulan April hingga
Agustus. AN sendiri akan dilaksanakan pada bulan September hingga Oktober.
Hasilnya akan diumumkan pada bulan Desember 2021.
Dari hasil yang nanti
akan diterima, satuan pendidikan diharapkan mampu merefleksi hasil AN dalam
pembelajaran sehingga guru-guru menerapkan teaching at the right level
serta fokus membangun kompetensi serta karakter murid. Laporan satuan
pendidikan terkait iklim belajar dan iklim satuan pendidikan diharapkan
ditindaklanjuti manajemen satuan pendidikan untuk menyusun dan melaksanakan
program-program satuan pendidikan yang mendorong terciptanya iklim belajar yang
positif dan kondusif.
Sebagai penutup, baik
pemateri maupun moderator sepakat untuk mendorong semua guru untuk memulai
semuanya dari diri sendiri. Guru harus terus belajar untuk mengelola
pembelajaran yang berbasis kompetensi untuk memberikan pembelajaran yang
berkualitas dan bermakna bagi siswa. Bagaimanapun juga guru menjadi kunci dalam
kesuksesan pendidikan, termasuk dalam kaitannya dengan Asesmen Nasional. (Rat)
0 Comments