BIMTEK ASESMEN NASIONAL

Hari Keempat

Kegiatan Bimtek Asesmen Nasional secara daring yang digelar oleh PGRI Smart Learning and Character Center (PSLCC) Salatiga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Salatiga memasuki pertemuan terakhir. Acara yang dilaksanakan pada hari Rabu 3 Maret 2021 melalui Zoom Meeting ini mengangkat topik Tindak Lanjut Hasil Asesmen Nasional (AKM-Survey Karakter-Survey Lingkungan Belajar). Para peserta masih sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang dipandu oleh Dr. Katarina Herwanti, M. Pd. dan Eka Chandra Satria, M. Pd. 

 

Pemateri pertama, Nining Mariyaningsih, S. Pd., M. Pd., menyampaikan informasi tentang rancangan tindak lanjut hasil Asesmen Nasional (AN). Setelah AN dilaksanakan, langkah selanjutnya adalah diseminasi hasil ke dinas, pendampingan satuan pendidikan, penguatan satuan pendidikan, serta monitoring dan evaluasi. Sekolah akan menerima hasil AN untuk kemudian menganalisis, membuat dan melaksanakan program, serta melakukan evaluasi program tersebut. Dengan demikian diharapkan kualitas akan terjaga, bahkan meningkat.

 

Dalam paparannya, guru SMK Negeri 1 Salatiga ini juga menyampaikan informasi terbaru tentang AKM kelas yang programnya akan segera disosialisasikan oleh pemerintah. Ini adalah upaya untuk mengenalkan AKM kepada seluruh guru dan siswa, baik dalam kegiatan belajar mengajar, maupun dalam model soal. Diharapkan, siswa akan terbiasa untuk memecahkan masalah yang tertuang dalam proses maupun evaluasi pembelajaran.

 

Dalam sesi selanjutnya, Yati Kurniawati, M. Pd., melanjutkan dengan rancangan tindak lanjut yang perlu diperhatikan oleh satuan pendidikan. Seperti diketahui, pelaksanaan AN 2021 mundur dari jadwal sebelumnya. Menurut rencana terakhir, rapat koordinasi, sosialisasi, dan pelaksanaan teknis persiapan AN dijadwalkan pada Maret hingga April 2021. Simulasi di satuan pendidikan direncanakan pada bulan April hingga Agustus. AN sendiri akan dilaksanakan pada bulan September hingga Oktober. Hasilnya akan diumumkan pada bulan Desember 2021.

 

Dari hasil yang nanti akan diterima, satuan pendidikan diharapkan mampu merefleksi hasil AN dalam pembelajaran sehingga guru-guru menerapkan teaching at the right level serta fokus membangun kompetensi serta karakter murid. Laporan satuan pendidikan terkait iklim belajar dan iklim satuan pendidikan diharapkan ditindaklanjuti manajemen satuan pendidikan untuk menyusun dan melaksanakan program-program satuan pendidikan yang mendorong terciptanya iklim belajar yang positif dan kondusif.

 

Sebagai penutup, baik pemateri maupun moderator sepakat untuk mendorong semua guru untuk memulai semuanya dari diri sendiri. Guru harus terus belajar untuk mengelola pembelajaran yang berbasis kompetensi untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas dan bermakna bagi siswa. Bagaimanapun juga guru menjadi kunci dalam kesuksesan pendidikan, termasuk dalam kaitannya dengan Asesmen Nasional. (Rat)